iklan blogger berhadiah

Boedak Melayoe

siapa bilang budak melayu tak menawan..
tak menarik hati..
cobalah lihat..dengar..dan rasakan
maka kau kan jatuh hati..

Selasa, 07 Juli 2009

selayang pandang

Letak Kabupaten Bengkalis ni sangatlah strategis, sebab disamping berade di tepi alor pelayaran internasional yang paling seebok di dunie, yakni Selat Melake, juge berade pade kawasan segitiga pertumbuhan Ekonomi Indonesie-Malaysie-Singepure (IMS-GT) dan kawasan segitiga pertumbuhan Ekonomi Indonesie-Malaysie-Thailand (IMT-GT).

alamak penat pula becakap pakai bahase melayu..kang banyak tak ngeti pulak..kite pakai bahase negare kite je lah e..

haa..oke lah..
Secara historis wilayah Kabupaten Bengkalis sebelum Indonesia. merdeka, sebagian besar berada di wilayah pemerintahan Kerajaan Siak Sri Indrapura. Setelah diproklamirkannya Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan diikuti dengan penyerahan kekuasaan oleh Raja Kerajaan Siak Sri Indrapura Sultan Syarif Kasim II , maka seluruh wilayah yang berada dibawah kekuasaan Kerajaan Siak Sri Indrapura, termasuk wilayah Kabupaten Bengkalis berada dibawah pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Kemudian pada tahun 1956 yakni berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1956 dibentuklah Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis, yang pada waktu itu masih berada dibawah Propinsi Sumatera Tengah dengan pusat pemerintahan berkedudukan di Sumatera Utara. Dengan dibentuknya Propinsi Daerah Tingkat I Riau berdasarkan Undang-undang Nomor 61 tahun 1958 tentang Penetapan Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Sumatera Barat, Riau dan Jambi, maka Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkalis berada dalam Propinsi Daerah Tingkat I Riau.


Selanjutnya setelah terjadi pemekaran daerah, kabupaten Bengkalis yang semula jumlah penduduknya merupakan jumlah penduduk terbanyak di Propinsi Riau yaitu dengan jumlah 1.182.267 jiwa namun setelah pemekaran menjadi 547.876 jiwa dengan luas wilayah yang semulanya 30.646,83 Km2 menjadi 11.481,77 Km2.

haa dah tau kan semue histori bengkales?ntulah die..

Reblog this post [with Zemanta]

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP