iklan blogger berhadiah

Boedak Melayoe

siapa bilang budak melayu tak menawan..
tak menarik hati..
cobalah lihat..dengar..dan rasakan
maka kau kan jatuh hati..

Sabtu, 11 Juli 2009

Hubungan sholat dengan otak kita

Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa menghadap Allah (meninggal dunia), sedangkan ia biasa melalaikan Shalatnya, maka Allah tidak mempedulikan sedikitpun perbuatan baiknya (yang telah ia kerjakan tsb)". (Hadist Riwayat Tabrani).

Sholat adalah bentuk amalan fisik yang digabungkan dengan amalan bathin manusia. Sholat, ibadah yang menjadi pondasi dalam Islam memang luar biasa. Rasulullah bersabda : sholat adalah tiang agama. Gerakan-gerakan yang kita lakukan dalam sholat memiliki banyak arti dan manfaat bagi kita.

Seorang Doktor di Amerika. Beliau bernama Dr. Fidelma. Setelah beliau mengadakan beberapa penyelidikan tentang sholat. Beliau menemukan hal-hal yang menakjubkan di dalam penyelidikannya. Ia sangat kagum dengan temuan tersebut. Sesuatu yang tidak dapat ditangkap dengan akal manusia. Setelah menemukan itu, beliau langsung memeluk agama Islam.
Beliau adalah seorang Doktor Neurologi. Setelah memeluk Islam dia amat yakin pengobatan secara Islam dan oleh sebab itu telah membuka sebuah klinik yang bernama "Pengobatan Melalui Al Qur'an" Kajian pengobatan melalui Al-Quran menggunakan obat-obatan yang digunakan seperti yang terdapat didalam Al-Quran. Di antara berpuasa, madu, biji hitam (Jadam) dan sebagainya. Firman Allah : Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Qs.. Al-Israa’: 82)

Ketika ditanya bagaimana dia tertarik untuk memeluk Islam, maka Doktor tersebut memberitahu bahwa sewaktu kajian saraf yang dilakukan, terdapat beberapa urat saraf di dalam otak manusia ini tidak dimasuki oleh darah. Padahal setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara yang lebih normal.

Setelah membuat kajian yang memakan waktu akkhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembahyang yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikut kadar shalat lima waktu yang diwajibkan oleh Islam. Begitulah keagungan ciptaan Allah.

Dan juga sujud ketika sholat, juga berfungsi untuk membuat aliran darah dari jantung lebih ringan untuk disalurkan ke organ otak. Otak merupakan salah satu organ yang banyak memerlukan darah. Organ vital tubuh manusia ini, ibarat sebuah
komputer, prosesornya adalah organ vitalnya. Padahal yang kita ketahui bahwa otak berada di posisi paling atas. Sedangkan organ jantung berada dibawah jantung. Tentu kerja jantung cukup berat untuk mengangkut darah ke bagian atas tubuh (otak). Artinya
posisi yang dituju adalah melawan gravitasi. Itulah keistimewaan sujud dalam sholat.

Jadi barang siapa yang tidak menunaikan sembahyang maka otak tidak dapat menerima darah yang secukupnya untuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu kejadian yang seperti itu adalah pesan Allah yang tersirat kepada hamba-Nya. karena Sifat fitrah kejadian seperti itu memang telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah ini.

Sumber : National Geographic 2002 Road to Mecca

0 komentar:

  © Free Blogger Templates Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP